Komisi IV DPR RI Apresiasi Serapan Tim Sergap Jateng

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian melakukan Rapat Kordinasi UPSUS Pajale dan Serap Gabah Petani (Sergap) di Solo, Rabu, 5 April 2017. Rakor tersebut adalah tindak lanjut dari Rakor Nasional "Akselerasi Sergap" yang dilaksanakan pada tanggal 26 Maret lalu. Saat itu, dihadapan Asisten Teritorial KASAD, Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Direktur Pengadaan Bulog, Tri Wahyudi, Direktur SDM, Wahyu Suparyono, para kepala dinas pertanian provinsi, dan mitra Bulog, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menegaskan bahwa serap gabah ini adalah respon atas peningkatan produksi, stabilitas harga dan menguatkan cadangan pangan.

 

“Dalam kesempatan Raker bersama Komoisi IV, hari senin (3/4), capaian serapan gabah tahun 2016 mendapatkan apresiasi dari Komisi IV. Apresiasi ini tentu memiliki alasan yang kuat. Dan ini kita jadikan sebagai tambahan energi untuk bekerja lebih keras lagi”, kata Pending Dadih Permana, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian.


Pada tahun 2016, realisasi serapan gabah Jawa tengah mencapai 1.195 juta ton. Hasil ini melebihi dari target yang sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu 1 juta ton. Kementan sendiri melalui Tim Sergap Jateng menargetkan serapan gabah kering giling (GKG), periode April hingga Agustus 2017 sebesar 909.521 kg.


Tenaga Ahli Menteri, Baran Wirawan mengatakan bahwa basis data yang dimiliki Tim Sergap harus valid agar perencanaan dan penetapan target terukur. Kementan, TNI AD, Bulog, BPS dan Dinas Pertanian harus sinergis bukan saja dalam hal teknis tapi juga dalam hal validasi data.(eg)


Rakor sendiri dihadiri 210 peserta yang merupakan perwakilan Tim Sergap Jateng dari unsur, Kementan, Kodim, Dinas Pertanian , Bulog, dan BPS.